Kamis, 14 Maret 2013

pidoto singkat bhs.indonesia


Assalamu’alaikum wr, wb
Selamat siang untuk semuanya.

Ibu guru bahasa Indonesia yang saya hormati,
Ibu guru penguji yang saya hormati,
Terimakasih telah memberi kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang bertemakan “pemanasan global”

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat allah SWT, karena dengan rahmat dan hidayahnya kita diberi kesempatan untuk berkumpul bersama pada hari ini. Sholawat dan salam kita panjatkan kepada nabi besar kita nabi Muhammad SAW.

Ibu guru yang saya hormati.
Pemanasan global atau global warming adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Semenjak manusia zaman purbakala sampai dengan zaman sekarang selalu mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya. Peradaban manusia sekarang telah mengalami banyak kemajuan. Selama perkembangan itu, manusia menjalani kehidupan dengan bergantung pada pertanian dan agrikultur. Melalui orientasi kehidupan tersebut, manusia selalu berusaha menjaga dan melestarikan lingkungannya dengan sebaik-baiknya yang bertujuan untuk menjaga kelangsungan kehidupannya.

Namun, manusia zaman sekarang telah mengalami zaman revolusi industry yang menggantungkan kehidupannya pada bidang perindustrian. Serta banyaknya pembangunan pusat perbelanjaan, perumahan dan perkantoran-perkantoran yang menyebabkan berkurangnya lahan hijau. Dengan menggunakan orientasi hidup tersebut, dunia agrikultur dan penghijauan  pun mengalami kemunduran secara perlahan-lahan. Yang mana iklim menjadi lebih panas dan suhu menjadi naik tinggi. Polusi udara dimana-mana akibat asap industi yang dihasilkan dan juga banyaknya kendaran motor maupun mobil yang menyumbang polusi di udara. Sehingga oksigen berkurang dan karbondioksida semakin banyak dan semakin membesarnya lapisan ozon diudara dan itu merupakan bukti terjadinya pemanasan global.

Oleh karena itu, alangkah bijaknya kalau kita sebagai penghuni bumi ini dan sebagai generasi muda mulai melalukan penghijauan atau reboisasi dan menjaga lingkungan. Dengan mengajak teman dekat, orang tua, dan masyarakat setempat maka dengan usaha yang sungguh-sungguh dan tejad, niscaya bumi ini akan terjaga dan perlahan-lahan akan terhindar dari pemanasan global. Demikianlah pidato tentang pemanasan global atau global warming ini saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan-kesalahan yang saya ucapkn tadi. Terimakasih atas prhatian ibu guru dan ibu penguji.

Wasallamu’alaikum wr, wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar